KKN_T Prodi Pendidikan Bahasa Inggris  Universitas Nurul Huda (UNUHA)  Menuju SDGS Di Kecamatan Belitang II OKU Timur Sumsel

SDGS (Sustainable Development Goals) merupakan Tema KKN di tahun 2022, Secara umum tema ini mengenal sebuah tehnologi berupa website yang merupakan suatu situs yang berisi sejumlah informasi tertentu dalam bentuk tulisan, gambar, video serta dapat dapat di akses dimana saja dan kapan saja, karena itulah website memiliki peranan penting sebagai salah satu saran penyampaian informasi yang luas.

Pada  desa-desa di Kecamatan Belitang II yang saat ini belum mempunyai literasi digital seperti website yang dapat digunakan sebagai sumber dan sarana mencari maupun berbagi informasi kepada khalayak umum yang luas dan mendunia, kini melalui program KKNT-SDGS yang dilaksanakan oleh mahasiswa UNUHA semester 6 yang berlangsung dari tanggal 11 Juli hingga 29 Agustusdengan didalamnya beranggotakan 32 mahasiswa prodi PBI, akan memberikan wawasan dan pengajaran dalam pengenalan dan pengembangan media website yang ada di desa-desa Kecamatan Belitang II.

Melihat perkembangan teknologi pada saat ini, khususnya teknologi informasi telah berkembang sangat pesat, yang didalamnya memberikan dampak positif bagi kita semua dan khusunya masyarkat dalam mengakses berbagai informasi yang ada dan terbaru. Melalui website yang ada disetiap desa dapat membantu masyarakatnya dalam mengetahaui informasi terbaru yang ada khususnya di daerah mereka tinggali baik informasi penduduk, pelayanan publik, informasi penting dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan ini mahasiswa memberikan penyuluhan mengenai penggunaan website yang dimulai dengan pengenalan website ke elemen-elemen bagian organisasi yang ada didesa seperti, badan otonom desa, karang taruna, ibu-ibu PKK, puskesmas desa, dan masih banyak lagi. Dengan pengenalan media website kepada perangkat desa yang ada akan memudahkan pegawai pemerintahan desa dalam berkomunikasi dan menyebarluaskan informasi, serta interaksi secara luas kepada masyarkatnya.

 Melalui kegiatan ini diharapakan dapat membantu perkembangan desa dalam menghadapi era digitalisasi yang semakin berkembang kedepannya. Sehingga dapat membawa perubahan kepada desa untuk menjadi desa yang maju dan tanggap akan perkembangan teknologi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *