Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nurul Huda Terpilih Menjadi Favorit Duta Bahasa Sumatera Selatan 2022

Balai Bahasa Sumatera Selatan menyelenggarakan seleksi pemilihan Duta Bahasa Sumatera Selatan yang diadakan dari tanggal 22 Juni sampai tanggal 2 Juli 2022, dan puncaknya pada tanggal 16 Juli 2022 yakni Hari Penganugrahan. Diantara  tahapan seleksi dari Pemilihan Duta Bahasa ini, yaitu dimulai dari seleksi administras kemudian dilanjutkan dengan tes UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia), UKBA (Uji Kemahiran Bahasa Asing), dan terakhir yaitu tes wawancara yang  meliputi pengetahuan bahasa dan sastra Sumatera Selatan, keorganisasian, kepribadian, dan unjuk bakat.

Universitas Nurul Huda juga ikut berpartisipasi dalam hal ini. Sebanyak 12 mahasiswa/i mengikuti acara Pemilihan Duta Bahasa ini. Mereka berasal dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Setelah mengikuti serangkaian seleksi, sampailah mereka di pengumuman semi finalis. Dari 12 delegasi yang mengikuti acara ini, tersisalah 3 delegasi yang lolos mewakili Universitas Nurul Huda sampai ke tahap semi finalis untuk selanjutnya mengikuti tahap wawancara yang diadakan secara luring di Balai Bahasa Sumatera Selatan.

Tiga delegasi ini adalah Ahmad Fauzi Syah dan Beni Setiawan dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris serta Lukman Hakim dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sesi wawancara adalah sesi terberat dalam rangkaian seleksi ini. Karena di tahap inilah yang akan menentukan apakah peserta layak dan pantas untuk menjadi Finalis Duta Bahasa Sumatera Selatan sampai diresmikan menjadi Duta Bahasa Sumatera Selatan pada puncaknya di Hari Penganugrahan tanggal 16 Juli 2022.  Di sesi wawancara ini 3 mahasiswa UNUHA bersaing dengan peserta lain dari berbagai kampus yang ada di Indonesia dan tentunya yang berdomisili di Sumatera Selatan. Sebagian dari mereka, para peserta yang mengikuti acara ini bahkan berasal dari perguruan tinggi favorit di Indonesia yang punya segudang prestasi sehingga membuat mereka 3 mahasiswa UNUHA sedikit minder dan berkecil hati. Meskipun begitu hal itu tak lantas menyurutkan semangat mereka, mereka tetap berjuang memberikan yang terbaik yang bisa mereka lakukan. Karena mereka percaya bahwa Tuhan menciptakan semua orang dengan keadaan yang sama, tak peduli dari latar belakang apapun itu.  Masalah hasil akhir biarlah menjadi ketepan-Nya.

Setelah mengikuti sesi wawancara ini, 3 mahasiswa UNUHA pun pulang ke rumah masing-masing sambil terus memanjatkan doa berharap kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar diberikan hasil yang terbaik. Dan tibalah di pengumuman finalis. Dan syukur alhamdulillah salah satu dari tiga mahasiswa UNUHA dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Ahmad Fauzi Syah berhasil lolos menjadi Finalis Duta Bahasa Sumatera Selatan 2022. Tentu saja itu merupakan suatu kebanggan bagi Universitas Nurul Huda dan terkhusus prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Hal ini menunjukkan bahwa UNUHA juga bisa bersaing dengan kampus-kampus lain dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, bahkan yang notabene nya adalah kampus ternama yang dipandang  memiliki kualitas pendidikan yang baik di indonesia seperti halnya ITB, UNPAJ, UNDIP, IPB, UNSRI, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, peserta yang mengikuti seleksi ini ada yang lulusan S1 dari kampus luar negeri dan ada juga yang sudah pernah mengikuti student exchange atau program pertukaran pelajar di luar negeri. Wahh, begitu ketat seleksinya ya kawan-kawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *