Kaprodi PBI Hadiri Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) di Yogyakarta

PBINEWS: Hari kamis tanggal 3 November 2022 bertempat  di Ruang Seminar Driyarkara, PBI Universitas Sanata Dharma dan Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyelenggarakan business meeting dengan dua agenda besar: sharing tantangan dan best practices MBKM dan forum group discussion terkait isu-isu di program studi, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 3-4 November 2022 dan diikuti oleh 93 institusi dari seluruh Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua dengan setiap institusi mengirimkan 1 sampai 3 wakil.

Business meeting dibuka dengan sambutan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Ibu Veronica Triprihatmini M.Hum., M.A., dan dilanjutkan dengan sambutan Wakil Rektor IV Universitas Sanata Dharma, Ibu Caecilia Tutyandari, Ph.D.

Kegiatan ini Sebagai langkah gerak cepat dalam perluasan mitra kerjasama serta penerapan kurikulum MBKM, selain itu Kehadiran Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nurul Huda, Eka Agustina, M.Pd merupakan langkah untuk menindaklanjuti Forum pertemuan Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris Se-Indonesia.

Diskusi terkait tantangan dan best practices MBKM dipimpin oleh Presiden APSPBI, Bapak Paulus Kuswandono, Ph.D. Ada banyak tantangan yang muncul sehingga forum memutuskan untuk melanjutkan diskusi di sesi FGD. Pada sesi FGD, peserta di bagi ke 4 ruangan berbeda. Dengan tema-tema besar seperti Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Setelah selesai berdiskusi, para peserta membagikan hasil diskusi di ruangan pada forum lebih besar. Kegiatan ini menghasilkan beberapa keputusan dan perjanjian berupa MoU dan MoA yang diharapkan bisa mempererat kerjasama antar program studi dan memberikan manfaat bagi semua program studi anggota institusi dan individu APSPBI.

Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi APSPBI Regional Sumatera untuk lebih mempererat  tali silaturrohmi untuk anjang sana antara perguruan tinggi sesumatera.

hari kedua, ibu Kaprodi Eka Agustina mengikuti seminar LLTC ke 9 yang dilaksanakan oleh PBI di ruang Seminar Driyarkara kegiatan ini berlangsung selama 2 hari (4-5 November 2022) yang diadakan secara Hybrid dihari pertama seminar diadakan secara Luring dan hari ke dua diadakan secara Daring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *